--> Skip to main content

Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018

Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018

Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018 - Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan. Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan akreditasi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 
Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018
Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018
Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 

tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu
1) Standar Kompetensi Lulusan,
2) Standar Isi,
3) Standar Proses,
4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
5) Standar Sarana dan Prasarana,
6) Standar Pengelolaan,
7) Standar Pembiayaan dan
8) Standar Penilaian Pendidikan.

Khusus sekolah jenjang PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).

Instrumen akreditasi digunakan untuk memeroleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan kondisi PAUD secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola PAUD atau pihak yang 
bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan prosedur akreditasi PAUD yang telah ditetapkan oleh BAN-PNF.

Instrumen akreditasi PAUD ini terdiri atas 2 bagian, yaitu:

Bagian Pertama adalah pernyataan dan identitas yang memuat : 
1) Pernyataan Pimpinan Lembaga, 
2) Identitas PAUD dan Identitas Pengisi Instrumen, 
3) Panduan Penyusunan Dokumen Permohonan dan Daftar Lampiran Akreditasi. 
4) Pedoman Persyaratan Akreditasi PAUD, 
5) Pedoman Pengisian Instrumen Akreditasi PAUD.

Bagian Kedua adalah Instrumen Akreditasi PAUD yang berisi butir-butir pertanyaan/pernyataan yang mencakup 8 (delapan) SNP. Butir-butir pertanyaan/pernyataan tersebut bersifat: 
1) terbuka, yaitu pertanyaan/pernyataan yang harus dilengkapi, diisi atau diberi penjelasan lebih rinci oleh asesi dan 
2) tertutup, yaitu pertanyaan/pernyataan yang telah disediakan pilihan atau jawaban dan asesi hanya memilih yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018: Ayah bunda cukup menyiapkan dokumen yang diperlukan mulai dokumen pelaporan sampai dokumen pembiayaan selengkapnya ada di menu download file instrumen akreditasi paud ini. 

Akreditasi tidak untuk ditakuti karena akreditasi hanya untuk mendorong satuan lembaga paud agar selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaganya secara bertahap, terencana, dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional.

Berikut ini menu lengkap yang siap untuk dipergunakan sebagai bahan kelengkapan Akreditasi tahun 2018, sehingga anda akan menjadi orang pertama yang sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018.


Demikian materi Tips Sukses Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018 semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat susunan kata, sampai dengan materi-materi yang telah dan akan kami bagikan di blog fileledukasi.com ini kurang berkenan, karena tiada sempurna dalam dunia ini kecuali Sang Pencipta.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Powered by Blogger.

Breaking News

Blogroll

About

Blogger templates